Geser London, New York Jadi Pusat Finansial Dunia

Kompas.com - 18/03/2014, 09:44 WIB
Empire State Building, New York. ShutterstockEmpire State Building, New York.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Kota New York, Amerika Serikat berhasil menggeser kota London, Inggris sebagai pusat finansial dunia. Berdasarkan Global Financial Centres Index yang diterbitkan konsultan Z/Yen, London telah memegang gelar tersebut selama 7 tahun.

London tergeser posisinya sebagai pemimpin peringkat global tersebut dengan nilai 784 dibandingkan New York yang mengantongi nilai 786. "Penurunan posisi London paling tajam di antara 50 kota. Ini sepertinya berdasarkan beberapa faktor," kata Associate Director Z/Yen Mark Yeandle seperti dikutip Reuters, Selasa (18/3/2014).

Faktor yang dimaksud Yeandle antara lain ketidakpastian situasi di Eropa, persepsi kemungkinan London menjadi kurang ramah terhadap orang asing dan tingkat manipulasi pasar yang dirasakan.

"London adalah pusat finansial Eropa dan sangat penting bagi kemampuan pertumbuhan keuangan di kawasan dan menciptakan lapangan kerja dengan menarik investor global," kata Direktur Eksekutif TheCityUK.

Sementara Hongkong dan Singapura masing-masing berada di urutan ketiga dan keempat, sama seperti tahun sebelumnya.

Jarak antara empat besar ke posisi di bawahnya sangat jauh, yakni kota Zurich, Tokyo, dan Seoul. Pusat-pusat finansial di Timur Tengah, seperti Qatar, Dubai, dan Riyadh yang menempati peringkat 26, 29, dan 31 terus meningkat peringkatnya dalam indeks.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X