Menristek Dukung Pemprov DKI Wujudkan Metro Kapsul

Kompas.com - 28/03/2014, 19:29 WIB
Gambar rancangan dari transportasi Metro Kapsul yang rencananya akan dibangun di Jakarta Alsadad RudiGambar rancangan dari transportasi Metro Kapsul yang rencananya akan dibangun di Jakarta
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Riset dan Teknologi menyambut positif rencana proyek metro kapsul untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Menristek, Gusti Muhammad Hatta mengakui pihaknya beberapa kali telah memberikan masukan untuk pengembangan metro kapsul.

Gusti menuturkan, Kemenristek masih menunggu sejauh akan dilibatkan dalam proyek itu. "Itu kan upaya untuk mengurangi kemacetan. Soalnya kalau tidak disediakan transportasi masal, orang ada alasan untuk menggunakan mobil pribadi," kata Gusti ditemui di sela-sela Agrinex Expo 8, di Jakarta, Jumat (28/3/2014).

Saat ini Kemenristek terus berdiskusi dengan Badan pengkajian dan penerapan Teknologi (BPPT) dan melakukan kajian teknis metro kapsul. Sebelumnya, Komisaris PT Perkakas Rekadaya Nusantara, Djoni Rosadi mengatakan, konsep dan ide dari metro kapsul ini adalah bus metromini yang diangkat ke atas.

Metro kapsul akan menggunakan jalur yang relatif kecil, dan memungkinkan untuk dibangun di atas jalan raya ataupun trotoar, sehingga nilai investasinya bisa ditekan sekecil mungkin, pada kisaran Rp 114 miliar per kilometer.

Kereta ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 70 kilometer per jam dan akan menggunakan sistem sinyal sehingga tidak akan menggunakan tenaga masinis. Djoni menjelaskan lebih lanjut, metro kapsul akan terdiri dari dua jenis kereta, yakni yang memiliki panjang 9 meter dan 12 meter.

Kapasitas metro kapsul ukuran 9 meter adalah 50 orang, sementara metro kapsul 12 meter untuk 80 orang. Awal pekan ini Djoni menyambangi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, membahas kelanjutan proyek metro kapsul.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X