ADB Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2014 Menurun

Kompas.com - 01/04/2014, 11:06 WIB
SHUTTERSTOCK
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Pembangunan Asia (ADB) dalam laporannya yang bertajuk Asian Development Outlook (ADO 2014) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2014 akan sedikit menurun. Kemudian, pertumbuhan ekonomi akan kembali menguat pada tahun 2015 mendatang.

"ADB memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan sedikit menurut menjadi 5,7 persen pada tahun 2014, untuk kemudian naik menjadi 6,0 persen pada tahun 2015," kata Country Director ABD Indonesia Adrian Ruthenberg di Jakarta, Selasa (1/4/2014).

Lebih lanjut, Adrian mengatakan, prediksi ini mengasumsikan bahwa pemilihan umum bulan April dan Juli akan berlangsung lancar, dan pemerintah akan mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki iklim investasi. Ia mengungkapkan, konsumsi swasta diperkirakan akan tumbuh perlahan, didukung oleh menurunnya inflasi dan pembelanjaan seputar pemilihan umum (pemilu) di semester pertama 2014.

"Investasi diperkirakan akan membaik di tahun 2015 setelah pemerintahan baru memaparkan kebijakannya dan mendorong investasi di bidang infrastruktur. Prospek investasi akan membaik seiring tingkat inflasi yang lebih rendah dan defisit transaksi berjalan yang membaik di 2015, serta menguatnya perdagangan dunia," ujar Adrian.

Sementara itu, Deputy Country Director ADB untuk Indonesia Edimon Ginting menjelaskan, tantangan yang cukup signifikan bagi Indonesia saat ini adalah mengatasi defisit transaksi berjalan. "Untuk menghadapi tantangan defisit transaksi berjalan tersebut, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk memperlambat laju permintaan domestik, mendorong ekspor dan menahan impor, seiring depresiasi rupiah," ujarnya.

Namun demikian, Edimon memandang dampak kebijakan tersebut hanya akan bertahan dalam satu atau dua tahun. Dalam jangka panjang, kata dia, penguatan neraca transaksi berjalan memerlukan reformasi struktural untuk memacu tingkat produktivitas dan daya saing secara berkelanjutan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X