Kompas.com - 04/04/2014, 15:35 WIB
Ilustrasi pemilu KOMPAS IMAGES/Kristianto PurnomoIlustrasi pemilu
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia (BI) menilai pemilihan umum yang digelar tahun ini tidak membawa dampak signifikan pada perekonomian nasional.

Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang tergabung dalam Forum Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) telah mendiskusikan dampak pemilu terhadap perekonomian, khususnya sistem keuangan.

"Kami sudah diskusikan dampak-dampak ini pada Forum Koordinasi Stabiltas Sistem Keuangan, dan kami melihat dampak pemilu tidak seperti yang kita harapkan," kata Halim di Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Dari sektor keuangan, berdasarkan pengamatan yang dilakukan FKSSK, pihaknya tidak melihat adanya lonjakan-lonjakan yang signifikan atau dampak positif seperti pemilu di tahun-tahun sebelumnya.

"Seperti penarikan dana (di perbankan) itu biasa-biasa saja. Kami tidak melihat juga adanya produksi atau kegiatan yang meningkat secara signifikan," ujar Halim.

Meskipun dampak pemilu terhadap perekonomian diprediksi tidak akan berubah signifikan, Halim menyatakan, pertumbuhan ekonomi terkait pemilu tetap terjadi. Akan tetapi, angka pertumbuhan diprediksi tidak besar.

"Kami kira memang ada beberapa dampak tapi ini tidak terlalu besar. Kami perkirakan itu dampaknya hanya 0,2 persen," kata Halim.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X