Kompas.com - 07/04/2014, 20:40 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sumringah menyambut Pemilihan Umum Legislatif 9 April mendatang. IHSG terlihat menghijau 1,29 persen ke level 4.921,03 pada Senin (7/4/2014). Namun, pergerakan IHSG termasuk anomali. Lantaran bursa regional terlihat memerah.

Thendra Chrisnanda, Analis BNI Securities menilai, IHSG bergerak berlawanan dari indeks regional lainnya. Sementara tak ada data makro positif yang menjadi penggerak utama IHSG. Ia menyimpulkan, pergerakan IHSG lebih disebabkan sentimen menjelang pemilu legislatif. Pasar mulai optimistis, partai yang terpilih akan sesuai dengan ekspektasi.

Tak menutup kemungkinan, IHSG akan langsung bergerak ke level 5.000. Yang perlu ditekankan, pergerakan IHSG ini bukan didasari oleh fundamental ekonomi dalam negeri atau luar negeri. Pergerakan indeks hanya terhembus dari euforia sesaat Pemilu yang notabene masih rentan koreksi.

Thendra mengatakan, harus diingat pula, bahwa pasar juga tengah menanti hasil keputusan The Fed mengenai stimulus. Jika pemotongan stimulus dilakukan lebih cepat, bakal ada potensi jual yang masif. "Sehingga, IHSG sebenarnya rawan koreksi, bisa terbenam dari isu global," ujarnya.

David Sutyanto, Analis First Asia Capital juga bilang, IHSG bergerak terlalu cepat menyambut Pemilu. Dengan kondisi pasar global yang masih merah, kenaikan IHSG ini diprediksi tak akan bertahan lama. Setelah Pemilu Legislatif, IHSG berpeluang kembali ke level wajarnya di kisaran 4.800.

"Sebenarnya level rasional IHSG saat ini di 4.800. Kenaikannya terlalu cepat," kata dia. (Narita Indrastiti)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kontan


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.