Masa Jabatan Pendek, Chairul Tanjung Harus Pertahankan Stabilitas

Kompas.com - 19/05/2014, 17:00 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini Hatta Rajasa resmi menyerahkan jabatan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian kepada Chairul Tanjung atau akrab disapa CT. Sebagai Menko Perekonomian yang baru, masa jabatan CT sangat singkat, hanya sekitar lima bulan hingga masa pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II berakhir.

Ekonom dari Samuel Asset Management Lana Soelistianingsih menilai, naiknya CT sebagai Menko Perekonomian tidak akan berdampak secara signifikan terhadap perekonomian nasional. Sebab, masa jabatan yang sangat singkat ini tidak memungkinkan untuk melakukan berbagai kebijakan strategis.

"Dampaknya, saya rasa tidak terlalu signifikan. Soalnya pemerintahan Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) kan sudah mau selesai," kata Lana ketika dihubungi Kompas.com, Senin (19/5/2014).

Lana mengungkapkan saat ini perekonomian nasional sudah menunjukkan tren stabili. Oleh karena itu, sebagai Menko Perekonomian yang baru, CT harus dapat mempertahankan stabilitas ini.

"Saya rasa CT memiliki pengetahuan tentang ekonomi yang cukup. Saat ini sudah cukup stabil ya, seharusnya bisa mempertahankan stabilitas itu," ungkap Lana.

Sebelumnya, Presiden SBY hari ini melantik CT sebagai Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa yang mundur dari posisinya sebagai menteri karena akan maju sebagai bakal calon wakil presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.