Kompas.com - 28/05/2014, 15:07 WIB
Tempat pengambilan bagasi penumpang di Bandara Soekarno Hatta KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENATempat pengambilan bagasi penumpang di Bandara Soekarno Hatta
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II selaku operator bandara Soekarno-Hatta menyatakan telah mulai melakukan pembangunan stasiun di bandara tersebut. Stasiun ini dibangun guna mendukung sarana transportasi kereta rel listrik (KRL) antara bandara dengan Stasiun Sudirman Baru.

"Sudah progress. Ini sudah mulai dilakukan kontruksi," kata Direktur Pengembangan Kebandarudaraan dan Teknologi PT AP II Salahudin Rafi di Jakarta, Rabu (28/5/2014).

Lebih lanjut, Rafi mengungkapkan proses kontruksi akan memakan waktu lebih dari 1 tahun. Stasiun di bandara, kata dia, sudah dapat dioperasikan pada akhir 2015 mendatang.

Adapun lokasi stasiun tersebut terletak di antara bangunan terintegrasi atau integrated building Bandara Soekarno-Hatta. "Akhir tahun depan selesai," ujar dia.

Dari aspek desain arsitektur, lanjut Rafi, Stasiun Kereta  Bandara Soetta dirancang menyerupai arsitektur Stasiun Kereta Bandara Kuala Namu di Sumatera Utara.

"Stasiunnya mirip di Kuala Namu. Kalau kapasitas saya harus lihat angka," ucapnya.

Selain mempersiapkan pembangunan stasiun kereta, Rafi mengungkapkan, AP II juga melakukan pengembangan terminal 3. Selain itu, pihaknya juga menjalankan pembangunan integrated building untuk menggantikan terminal 1 dan 2 yang sudah ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.