Gandeng Pirelli, Astra Otopart Produksi Ban Sendiri Tahun Ini

Kompas.com - 05/06/2014, 09:18 WIB
Astra Otoparts KONTAN/ BaihakiAstra Otoparts
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Rencana PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) untuk memproduksi ban sendiri akan terealisasi akhir tahun ini. Produksi ban akan dilakukan di pabrik milik Astra Otoparts bekerja sama dengan Pirelli Tires SpA. Nilai investasi Astra di pabrik ini mencapai lebih dari 100 juta dollar AS. 

Direktur Astra Otoparts Robby Sani mengatakan, pabrik itu akan mulai berproduksi pada kuartal IV tahun ini. Pabrik berlokasi di Subang, Jawa Barat dengan luas 30 hektare (ha). "Sebenarnya ini sudah dijalankan dari tahun lalu, dari persetujuan kedua pihak sampai konstruksi pabrik," ungkapnya, Rabu (4/6/2014).

Pabrik patungan bernama PT Evoluzione Tyres ini hanya akan memproduksi ban motor saja. Nantinya sebanyak 60 persen akan diberi nama Pirelli dan sisanya akan diberi nama Aspira.

Robby bilang, kapasitas maksimal pabrik mencapai 7 juta ban. Untuk mencapai maksimal akan dilakukan secara bertahap sampai 2016. Selain untuk pasokan lokal, produksi ban juga akan diekspor ke berbagai negara di Eropa untuk merek Pirelli.

Astra Otoparts bekerjasama dengan Pirelli dalam produksi ban, karena perusahaan ini memang memang tengah mencari production based di Indonesia. "Kita juga punya rencana ingin membangun pabrik ban, karena cocok jadilah bekerjasama," jelas Robby.

Pabrik ini sebanyak 60 persen sahamnya dipegang oleh Pirelli dan 40 oersen dipegang Astra Otoparts.

Sekedar informasi, saat ini Astra Otoparts menjual sekitar 2 juta ban per tahun yang dipasarkan di 12.000 toko resmi miliknya. (Sinar Putri S.Utami)



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X