Jalan Tol Ciledug-Ulujami Rampung Bulan Depan

Kompas.com - 09/06/2014, 11:21 WIB
Warga melintasi ruas Tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) Kebon Jeruk-Ciledug di kawasan Petukangan Utara, Jakarta Selatan, sebelum peresmian operasional jalan tol tersebut, Jumat (27/12/2013). Jalan tol sepanjang 5,8 kilometer itu merupakan bagian dari proyek JORR W2 yang akan menghubungkan ruas tol di TB Simatupang dan Tol Jakarta-Merak. KOMPAS/YUNIADHI AGUNGWarga melintasi ruas Tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) Kebon Jeruk-Ciledug di kawasan Petukangan Utara, Jakarta Selatan, sebelum peresmian operasional jalan tol tersebut, Jumat (27/12/2013). Jalan tol sepanjang 5,8 kilometer itu merupakan bagian dari proyek JORR W2 yang akan menghubungkan ruas tol di TB Simatupang dan Tol Jakarta-Merak.
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Proyek jalan tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) Kebon Jeruk-Ulujami akan bisa beroperasi semuanya dalam waktu dekat.

Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga Tbk, David Wijayatno menjanjikan, jalan tol yang saat ini masih dikerjakan konstruksinya yakni Ciledug-Ulujami sepanjang dua kilometer (km) akan rampung 100 persen pada akhir Juni ini. 

"Setelah itu ada waktu untuk uji kelayakan dan diharapkan sebelum Lebaran atau akhir Juli sudah bisa dioperasikan," ujar David kepada KONTAN, Minggu (8/6/2014).

Asal tahu saja, jalan tol sepanjang 7,87 km itu sudah beroperasi sepanjang 5,73 km sejak akhir Desember lalu dan dengan selesai secara keseluruhan ini diharapkan menjadi kabar baik karena proyek ini sudah sangat dinantikan masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

"Manfaat jalan tol ini cukup besar karena dapat mendistribusikan jumlah kendaraan yang selama ini terpusat pada jalan tol dalam kota sehingga menyebabkan kemacetan di jalan bebas hambatan tersebut.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak menyambut baik bakal selesainya proyek ini dalam waktu dekat. "Dengan begitu jalan lingkar luar dari arah barat ke arah timur dan sebaliknya sudah tersambung seluruhnya," ujarnya.

Dia bilang jalan lingkar luar Jakarta ini secara keseluruhan sepanjang 92 kilometer kini hanya tinggal menyisakan akses tol Tanjung Priok sepanjang 12 km dan ini akan menjadi fokus pemerintah agar secepatnya jalan tol lingkar luar bisa melingkar penuh dan memudahkan arus barang dan memberikan dampak yang signifikan bagi lalu lintas di Jakarta. (Fahriyadi)



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X