Target Produksi Minyak Turun, Jero Salahkan Sumur Minyak

Kompas.com - 11/06/2014, 11:02 WIB
Menteri ESDM Jero Wacik KOMPAS/PRIYOMBODOMenteri ESDM Jero Wacik
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, target produksi minyak bumi sebesar 870.000 barel per hari dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tak dapat terpenuhi, sehingga target produksi terpaksa memangkas target menjadi 818.000 barel per hari.

Menurut Jero, penurunan target produksi minyak tersebut lantaran kondisi sumur minyak yang sudah tua. Usia sumur yang sudah tua tersebut menyebabkan produksi minyak tidak dapat optimal.

"Mengenai lifting, bahwa lifting menurun kami juga berkali-kali bahas. Sebab sumurnya menua. Penyebab karena usia sumur menua sehingga produksi menurun," kata Jero pada rapat dengan Komisi VII DPR, Selasa (10/6/2014).

Lebih lanjut, Jero mengungkapkan pula kasus yang menimpa mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini tidak mempengaruhi pihaknya dalam mengambil keputusan terkait produksi minyak. "Apakah keputusan-keputusan mempengaruhi lifting? Saya katakan tidak," tegasnya.

Menurut Jero, saat ini pihaknya melakukan proses baru dalam pengambilan keputusan terkait produksi minyak. Proses baru tersebut melibatkan pihak ketiga, dan dijalankan agar tidak ada keraguan pada pihak Kementerian ESDM dalam pengambilan keputusan.

"Kalau ada keputusan-keputusan yang kami harus ambil dan ada keraguan di staf kamu, maka ada satu proses yang ditambahkan, yaitu kami konsultasikan ke BPKP, kalau proyek strategis kami konsultasikan ke KPK," papar Jero.

Jero menjelaskan, target produksi minyak sebesar 870.000 barel per hari tak dapat terpenuhi sebab berdasarkan realisasi seluruh Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang beroperasi di Indonesia produksi yang dicapai hanya 796.000 barel per hari sampai bulan April 2014.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X