Saham Boeing Melorot, Bursa AS Merah

Kompas.com - 12/06/2014, 07:19 WIB
SHUTTERSTOCK
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa AS ditutup dengan pelemahan terbesar dalam tiga pekan terakhir pada perdagangan Rabu (11/6/2014) waktu setempat.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks Standard & Poor's 500 turun 0,4 persen menjadi 1.943,89. Ini merupakan penurunan terbesar sejak 20 Mei lalu.

Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,6 persen menjadi 16.843,88 atau mengakhiri level rekornya.  Transaksi melibatkan sekitar 5,2 miliar saham. Angka tersebut 17 persen di bawah transaksi rata-rata tiga bulanan.

Pergerakan sejumlah sahan turut mempengaruhi bursa AS. Beberapa di antaranya yakni Boeing Co yang mencatatkan penurunan terbesar dalam dua bulan terakhir. Lalu ada saham Bank of America Corp yang turun 2,1persen dan Anadarko Petroleum Corp yang naik ke level rekor. Sementara itu, saham H&R Block Inc naik 4,6 persen.

Adapun sentimen yang menggerus posisi Wall Street adalah langkah Bank Dunia yang memangkas prediksi perekonomian global.

"Sentimen negatifnya adalah Bank Dunia yang memangkas outlook pertumbuhan ekonomi global. Dengan pasar saham yang mendekati level rekor dan prospek pertumbuhan ekonomi global yang muram, investor akan mengambil langkah hati-hati," jelas Robert Pavlik, chief market strategist Banyan Partners LLC di New York. (Barratut Taqiyyah)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X