Kompas.com - 12/06/2014, 13:27 WIB
Menteri PAN & BR, Azwar Abubakar memberikan keterangan pers kepada para wartawan di Kementerian PAN & BR, Jakarta, Senin (12/8/2013). Ia meminta PNS untuk meningkatkan disiplin, kinerja, serta melakukan penghematan anggaran. KOMPAS.COM/FIANMenteri PAN & BR, Azwar Abubakar memberikan keterangan pers kepada para wartawan di Kementerian PAN & BR, Jakarta, Senin (12/8/2013). Ia meminta PNS untuk meningkatkan disiplin, kinerja, serta melakukan penghematan anggaran.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Azwar Abubakar mengatakan, pemerintah akan merekrut 100.000 calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2014. Dari angka itu, pemerintah akan merekrut PNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK).

"Merekrut 100.000 PNS, jatahnya 65.000 PNS dan 35.000 PPPK. Misalnya tahun lalu ada 23.000 pengawas, lalu ada penyuluh KB, penyuluh pertanian, jagawana hutan," kata Azwar di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (12/6/2014).

Menurut Azwar, perekrutan untuk PPPK tidak hanya untuk jenjang profesi tingkat bawah, tetapi juga tingkat menengah hingga atas. Adapun untuk jenjang PPPK tersebut, pegawai akan dikontrak 5 hingga 10 tahun.

Selain itu, pemerintah juga akan mengalokasikan 5 persen dari kapasitas sebesar 100.000 orang tersebut untuk merekrut CPNS dari berbagai jenjang pendidikan, tanpa harus sesuai dengan kementerian terkait.

Azwar mengatakan, kebijakan baru tersebut bertujuan untuk memberi kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk dapat menjadi abdi negara.

"Tahun ini kita buka 5 persen, jurusan apa saja boleh supaya semua anak punya kesempatan jadi PNS. Kita kasih kesempatan. Kita lihat bank-bank menerima siapa saja. Arsitek jadi kepala cabang, orang ITB jadi direktur. Yang baru ini (berlaku) tahun ini," ujar Azwar.

Oleh karena itu, Azwar menegaskan agar peminat tes CPNS bisa bersiap. Sebab, menurut dia, yang terpenting adalah kompetensi dari perguruan tinggi asal. Soal keterampilan dan keahlian profesi, hal itu dapat diperoleh dengan pelatihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.