China Eastern Borong 80 Boeing 737

Kompas.com - 14/06/2014, 20:22 WIB
Salah satu pesawat Boeing 737-800 yang digunakan Garuda Indonesia. ShutterstockSalah satu pesawat Boeing 737-800 yang digunakan Garuda Indonesia.
EditorErlangga Djumena


HONGKONG, KOMPAS.com -
Boeing Co. mendapatkan order pembelian 80 unit pesawat jenis 737 senilai 7,4 miliar dollar AS dari perusahaan asal China, China Eastern Airlines Corp.

China Eastern, maskapai penerbangan terbesar ketiga di China, akan membeli pesawat 737-800 yang penyerahannya akan mulai dilakukan pada tahun 2016.

Berdasarkan pernyataan China Eastern kepada otoritas bursa Shanghai, selain membeli 80 unit pesawat baru, maskapai tersebut juga akan menjual kembali sejumlah lamanya kepada Boeing. Yaitu 15 unit 737-300 dan lima seri 757.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Aviation (CAPA), ekspansi yang dilakukan oleh maskapai-maskapai penerbangan di China, menjadikan negeri tersebut pasar pesawat terbesar di dunia.

Sedikitnya setiap maskapai di China masing-masing akan memiliki 100 armada pesawat pada akhir dekade ini. Dan lebih dari 50 persen dari pesawat jet komersial yang beroperasi di China merupakan bikinan Boeing.

Boeing mengestimasikan China akan membutuhkan 5.580 pesawat baru seharga 780 miliar dollar AS hingga tahun 2032.

Pada tahun lalu, Boeing telah mengirimkan sebanyak 143 pesawat ke sejumlah maskapai di China. Tahun ini, Boeing mengharapkan bisa mengirimkan pesawat dengan jumlah yang sama. (Hendra Gunawan)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X