9 Provinsi Ini Belum Selesaikan Rencana Tata Ruang Wilayah

Kompas.com - 19/06/2014, 14:40 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana mengatakan, saat ini masih ada 9 dari 34 provinsi yang belum menyelesaikan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (Perda RTRW).

“Tiga provinsi belum selesai pembahasan tim terpadunya, sedangkan yang 6 provinsi belum sepakat dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Kehutanan (Menhut),” katanya di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (19/6/2014).

Armida mengatakan, pemerintah ingin agar kesembilan provinsi tersebut segera menyelesaikan Perda RTRW. Hal itu untuk memberikan kepastian hukum pelaku usaha. Masalahnya, sejauh ini terjadinya dispute (sengketa) disebabkan ketidakjelasan peruntukan kawasan atau lahan.

“Kita ingin selesai cepat yang 9 itu. Karena itu provinsi, nanti juga mempengaruhi tata ruang kabupaten/kota di bawahnya,” kata Armida.

Adapun provinsi yang belum menuntaskan Perda RTRW, adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepri, Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Selatan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X