Ridwan Kamil Terapkan Pajak "Mobile", PAD Bandung Surplus

Kompas.com - 19/06/2014, 15:48 WIB
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANAWali Kota Bandung, Ridwan Kamil
|
EditorErlangga Djumena

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan Pertanggungjawaban APBD Kota Bandung Tahun Anggaran 2013 yang telah di audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dalam rapat Paripurna DPRD Kota Bandung, Kamis (19/6/2014).

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung melampaui target mencapai 102,49 persen. "Alhamdulillah PAD kita bisa surplus dan melebihi target," kata Emil saat ditemui seusai rapat.

Emil menjelaskan, peningkatan PAD Kota Bandung paling banyak didapat dari sektor pajak. Menurutnya, program Pelayanan Pajak Mobile yang sudah diterapkan memberikan banyak keuntungan.

"Faktornya adalah peningkatan dan kedisiplinan warga membayar pajak. Kan, sekarang Dinas Pelayanan Pajak terus kampanye untuk mempermudah pembayaran pajak dengan mobil keliling," akunya.

Kesuksesan Pelayanan Pajak Mobile dengan sistem jemput bola ini memicu semangat Emil untuk mengadopsi hal serupa pada dinas lain. Menurutnya, beberapa sudah ada beberapa dinas yang menggunakan mobil untuk menjangkau langsung ke masyarakat.

"Konsep jemput bola ini akan kita berlakukan untuk semua dinas, ada mobil akta kelahiran, mobil pajak dan macam-macam. Sehingga di masa depan warga tidak usah repot-repot ke kantor," ungkapnya.

Selain PAD yang meningkat, Emil juga menyampaikan Pendapatan Anggaran Kota Bandung tahun 2013 sebesar Rp 4,349 triliun dengan realisasinya sebesar Rp 4,332 triliun atau 99,59 persen. Menurut Emil, tidak tercapainya target lantaran transfer dari pemerintah pusat tidak tercapai sepenuhnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X