Harga Daging Sapi Dijamin Terjangkau

Kompas.com - 20/07/2014, 10:36 WIB
Ilustrasi: daging Kompas.com/Estu SuryowatiIlustrasi: daging
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Daging Sapi (KDS) Jakarta Raya memastikan tidak ada kenaikan harga signifikan terhadap daging sapi di Ibu Kota menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kebijakan pemerintah di bidang manajemen komoditas dianggap jadi penentu.

Ketua KDS Sarman Simanjorang mengatakan, Kementerian Perdagangan mampu menjaga suplai dan permintaan stok daging sapi. Memberi izin impor bukan lagi memakai sistem kuota, namun melihat pergerakan harga dan sesuai dengan ketersediaan di pasar.

"Harga daging sapi impor di kisaran Rp 80.000 hingga Rp 85.000 per kilogram. Sedangkan harga daging sapi lokal di kisaran Rp 90.000 hingga Rp 100.000," ujar Sarman melalui siaran pers yang dterima, Minggu (20/7/2014) pagi.

Sekedar gambaran, kebutuhan daging selama bulan puasa dan menjelang Lebaran di Jabodetabek diperkirakan mencapai 15.000 ton. "Kalau ada kenaikan sedikit, merupakan hal yang wajar. Itu karena psikologi pasar jelang Lebaran. Tapi harga itu masih pada jangkauan daya beli masyarakat," sambung dia.

Sarman melanjutkan, stabilnya harga daging sapi DKI Jakarta menjadi barometer nasional bagaimana manajemen suplai dan permintaan dilaksanakan. Selain itu, kebutuhan harga daging sapi di Jabodetabek didistribusikan dari luar Jakarta, baik daging lokal atau impor. Ini bisa menjadi contoh bagi provinsi yang lain.

Pihaknya berharap situasi demikian tetap bisa dijaga oleh pemerintah, termasuk siapapun yang terpilih menjadi presiden RI. Bagi pelaku usaha, manajemen supply dan demand yang baik adalah faktor penting untuk menunjang perekonomian daerah atau tingkat nasional.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X