Pertumbuhan Ekonomi AS Kuartal II 2014 Tembus 4 Persen

Kompas.com - 01/08/2014, 14:16 WIB
Ilustrasi tumpukan uang. ShutterstockIlustrasi tumpukan uang.
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengalami periode yang berat pada kuartal I 2014, perekonomian AS kembali menguat lebih tinggi dari perkiraan. Biro Analisis Ekonomi (BEA) pada Rabu lalu merilis estimasi riil pertumbuhan ekonomi atau produk domestik bruto (PDB) AS kuartal II 2014. Rilis tersebut menunjukkan output peningkatan pertumbuhan ekonomi AS pada kisaran 4 persen.

Estimasi tersebut lebih tinggi bila dibandingkan capaian pertumbuhan ekonomi riil pada kuartal I 2014 yang hanya 2,1 persen. "Angka pertumbuhan ekonomi mengkonfirmasi apa yang terjadi pada indikator bisnis, konsumen, dan pasar tenaga kerja dalam beberapa bulan belakangan. Ekonomi AS melambat namun menunjukkan perbaikan yang stabil," kata analis pada Unit Intelijen Ekonomi AS Joseph Lake seperti dikutip dari Forbes, Jumat (1/8/2014).

Lebih lanjut, Lake mengungkapkan ekonomi AS telah mencapai titik dimana faktor cuaca tidak mempengaruhi ekonomi. Peningkatan PDB riil tersebut lebih banyak disebabkan tumbuhnya pengeluaran konsumsi perorangan, investasi, ekspor, investasi nonresidensial, belanja pemerintah negara bagian maupun lokal, dan investasi residensial. Peningkatan pun terjadi pada sisi impor yang memberi dampak negatif pada PDB. Adapun penurunan sebesar 0,8 persen terjadi pada belanja pemerintah federal.

"Masih harus dilihat apakah ekonomi dapat menembus kecepatan pertumbuhannya seperti beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, penciptaan lapangan kerja yang lebih kuat dan arus kepercayaan adalah sinyal positif," ujar Kepala Investasi pada Plante Moran Financial Advisors.

Indeks harga meningkat menjadi 1,9 persen, dibandingkan 1,3 persen pada kuartal I 2014. BEA yang merupakan divisi Departemen Perdagangan AS akan merilis estimasi kedua PDB kuartal II pada 28 Agustus mendatang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.