Tolak Permintaan Jokowi Naikkan Harga BBM, Ini Pertimbangan SBY

Kompas.com - 30/08/2014, 14:09 WIB
Pengendara motor mengantre di SPBU untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, di Bali, Selasa (26/8/2014). AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKAPengendara motor mengantre di SPBU untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, di Bali, Selasa (26/8/2014).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung memberikan alasan mengapa Presiden SBY menolak permintaan presiden terpilih Joko Widodo pada pertemuan di Nusa Dua, Bali, Rabu (27/8/2014).

Menurut Chairul Tanjung atau CT, permintaan Jokowi ditolak karena Presiden menganggap bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk mengambil kebijakan menaikkan harga BBM subsidi. "Sikap pemerintah SBY demikian karena tahun lalu pemerintah baru menaikkan harga BBM subsidi 33 persen. Itu tentu memberatkan masyarakat," ujar CT setelah menggelar rapat koordinasi pencabutan gugatan Newmont, Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Selain itu, pemerintah pun sudah menaikkan harga listrik secara berkala. "Saat ini, pemerintah menaikkan harga listrik atau tarif dasar listrik setiap tiga bulan," kata dia.

Alasan ketiga, menurut CT, karena dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi pemerintah akan menaikkan harga gas elpiji 12 kilogram, seperti yang sudah diusulkan oleh Pertamina. Alasan-alasan itulah yang menurut CT menjadi pertimbangan bagi Presiden SBY untuk menolak usulan Jokowi karena dinilai akan semakin membebani masyarakat.

"Akan sangat berat apabila masyarakat menanggung kenaikan harga BBM bersubsidi dalam waktu dekat ini. Oleh karenanya, pemerintah mengusulkan agar sampai 20 Oktober 2014 tidak ada kenaikan (harga) BBM," kata mantan Ketua Komite Ekonomi Nasional itu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.