Buruh Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Menperin Jamin Investor Tetap Aman

Kompas.com - 02/09/2014, 13:18 WIB
Menteri Perindustrian MS Hidayat Kompas.com/SABRINA ASRILMenteri Perindustrian MS Hidayat
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat memberikan jaminan kepada investor di kawasan-kawasan industri menjadi lebih nyaman dalam menjalankan bisnisnya. Termasuk penjaminan keamanan jika harga BBM dinaikan.

"Insya Allah ada (jaminan keamanan), karena ini (perlindungan obyek vital) melibatkan kementerian sebagai institusi dan untuk masalah security ini melibatkan POLRI," ujar MS Hidayat di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Dia menjelaskan, jaminan tersebut ada karena berbagai kawasan industri di Indonesia sudah ditetapkan menjadi obyek vital nasional. Dengan begitu, kawasan industri akan mendapatkan pengawasan keamanan yang jauh lebih ketat.

Terkait aksi demo buruh yang sering dikeluhkan pengusaha, Hidayat mengaku hal tersebut bagian dari pekerjaan rumah pemerintah agar para pengusaha merasa nyaman menjalankan bisnis. Sebenarnya mekanisme penyelesaian masalah buruh dan pengusaha saat ini sudah ada tetapi belum maksimal.

"Kita mempunyai forum tripartit yang mewakili unsur-unsur yang terkait, yang menjadi masalah memang kalau di dunia usaha ada APINDO, pemerintah sama Depnaker, buruh ini karena lebih dari 90 asosiasinya maka seringkali representatif dari kaum buruh ini mesti dibuat lebih mantap dan betul-betul merepresentasikan suara buruh," kata Hidayat.

Sebelumnya, wacana penaikan harga BBM sudah ditentang oleh para buruh. Bahkan jika BBM jadi dinaikan, buruh mengancam akan menggelar aksi besar-besaran menentang kebijakan tersebut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X