Jika Ditunjuk SBY, CT Siap Rangkap Jabatan Menteri ESDM

Kompas.com - 05/09/2014, 19:16 WIB
Chairul Tanjung KOMPAS/RIZA FATHONIChairul Tanjung
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Jero Wacik telah resmi mengundurkan diri dari jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun demikian, penunjukan pejabat yang akan menggantikan posisi Jero merupakan wewenang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menyatakan, jika SBY menunjuk dirinya untuk merangkap jabatan, dirinya akan menerima jabatan tersebut. Akan tetapi, ia mengaku enggan berandai-andai.

"Ya harus siap, itu kan di kewenangannya Pak Presiden. Saya terima tugas saja. Tapi saya tidak mau berandai-andai, tunggu keputusan Pak Presiden saja, mungkin Senin atau Selasa minggu depan," kata CT di kantornya, Jumat (5/9/2014).

CT mengatakan, pengganti Jero akan menjabat secara ad interim. Dalam sidang kabinet siang ini pun, lanjut dia, SBY telah menerima surat pengunduran diri Jero. Selanjutnya, SBY akan menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian terkait pengunduran diri Jero dan akan secara langsung menunjuk pejabat pengganti.

"Penggantinya bersifat ad interim. Kalau dilantik menteri baru kan masa jabatannya hanya 1 bulan 1 minggu. Belum sempat dibayar gajinya juga sudah lengser," ujar CT.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jero disangka melakukan pemerasan. Menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), nilai uang yang diduga diterima Jero sekitar Rp 9,9 miliar. Uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi Jero, termasuk pencitraan. Uang itu juga ada yang digunakan untuk pihak lain.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X