Kompas.com - 09/09/2014, 12:45 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com -
Untuk pertama kalinya, nilai valuasi Facebook melampaui 200 miliar dollar AS. Ini setelah saham situs jejaring sosial tersebut ditutup di level 77,6 dollar AS per saham atau naik sebesar 0,8 pesen pada perdagangan Senin (8/9/2014) waktu setempat. Dengan nilai perdagangan itu, Google Finance mencatat kapitalisasi Facebook mencapai 200,26 miliar dollar AS.

Naiknya saham Facebook berkat kinerjanya yang mulai mengesankan pada kuartal pekan lalu. Pendapatannya naik berkat pertumbuhan pengguna dan iklan mobile. "Jika mereka bisa meningkatkan iklan mobile, permintaan saham Facebook akan terus terjadi," kata Presiden Sica Wealth Management Jeffrey Sica.

Banyak analis yakin, masa depan Facebook bakal cerah karena perusahaan yang dibawah kendali Marck Zuckerberg ini belum memberdayakan beberapa perusahaan yang diakuisisinya seperti Instagram dan WhatsApp.

Pertumbuhan pengguna Facebook juga berkembang pesat di luar Amerika Serikat. Kemarin, Facebook mengatakan, jumlah penggunanya di Afrika telah mencapai 100 juta. Perusahaaan ini mengklaim jumlah total pengguna Facebook telah mencapai setengah dari pengguna internet di seluruh dunia.

Kenaikan saham Facebook ini berimbas pada nilai kekayaan pendirinya. Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Zuckerberg meningkat menjadi 34,5 miliar dollar AS.

Namun, valuasi Facebook ini belum seberapa dibandingkan perusahaan lainnya. Bandingkan dengan Apple yang merupakan perusahaan paling bernilai di dunia. Produsen iPhone dan iPad ini mempunyai nilai pasar sebesar 590 miliar dollar AS. Lalu, Google yang mempunyai kapitalisasi pasar sebesar 400 miliar dollar AS.

Informasi saja, Facebook juga akan membagi ilmu dan pengalamannya di ajang Asia Pacific Media Forum (APMF) 2014. Ajang bertemunya pelaku pemasaran, iklan, media, dan teknologi ini akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, pada tanggal 18 hingga 20 September 2014.

Country Head Facebook Indonesia Anand Tilak akan menjadi salah satu pembicara pada APMF 2014. Dalam tema yang membahas tentang gambaran konsumen Asia Pasifik, Tilak akan berbicara dengan judul "Connected Community." Kunjungi www.apmf.com/2014 untuk mengetahui lebih lanjut sekaligus mendaftarkan diri anda untuk menjadi bagian dari APMF.
(Edy Can)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.