Anies: Bayangkan Anda General Manager dan Ketua RT, That's Cool!

Kompas.com - 20/09/2014, 11:54 WIB
Anies Baswedan  KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SAnies Baswedan
|
EditorErlangga Djumena

NUSA DUA, KOMPAS.com — Rektor Universitas Paramadina dan Inisiator Gerakan Indonesia Mengajar Anies Baswedan menyatakan, banyak orang Indonesia yang melupakan perannya di masyarakat sebagai "orang Indonesia."

Anies mengungkapkan, banyak orang ingat perannya di keluarga, perusahaan, tetapi lupa perannya pada bangsa dan negara. Menurut Anies, jika kita mengingat peran kita sebagai orang Indonesia, maka kita dapat melakukan peran baik kepada bangsa yang telah memberikan banyak hal kepada kita, yakni bangsa Indonesia.

Salah satu caranya dengan memotivasi orang-orang yang tidak memiliki kesempatan yang sama.

"Kita diberi kesempatan mengenyam pendidikan, tetapi kadang lupa menempatkan diri kita di masyarakat. Kadang kita lupa menyebut diri kita sebagai warga Indonesia. Persentase kita, yang mendapat kesempatan pendidikan, sangat kecil," kata Anies saat berbicara pada Asia Pacific Media Forum (APMF) 2014, Sabtu (20/9/2014).

Selain pendidikan, banyak hal pula yang telah kita rasakan, tetapi tidak dirasakan di bagian lain Indonesia. Anies mencontohkan, ada hampir 40 persen masyarakat Indonesia yang belum pernah bepergian tak lebih dari 10 kilometer. Di sisi lain, kita memiliki kesempatan menikmati industri penerbangan yang berkembang sangat pesat.

"Kita yang punya kesempatan harus berperan, terhubung dengan masyarakat. Implementasikan kesadaran bahwa saya harus melakukan sesuatu untuk negara saya. Orang Jakarta sering bertemu orang sukses, tetapi di daerah-daerah lain tidak. Kita bisa memberi inspirasi bagi mereka," ujar Anies.

Peran dalam masyarakat ini diakui Anies masih jarang terjadi di masyarakat. Anies bertanya kepada para peserta, berapa banyak di antara mereka yang hadir dalam rapat rukun tetangga (RT). Ternyata tidak banyak yang mengacungkan tangan.

"Bayangkan, Anda general manager dan Anda ketua RT, that's cool! Ide keterlibatan dalam masyarakat seperti itu yang dibutuhkan segera. Kepercayaan. Memupuk kepercayaan merupakan keterlibatan kolektif," ungkap Anies.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X