Orang Muda, Beranilah Ambil Risiko!

Kompas.com - 27/09/2014, 23:45 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
Penulis Tabita Diela
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi yang mulai dilakukan seseorang pada usia muda seharusnya memang penuh risiko dan menjanjikan imbal balik yang besar. Hal ini disampaikan Perencana Keuangan Independen dari Finansia Consulting, Eko Endarto, di acara Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) 2014, Sabtu (27/9/2014).

Menurut Eko, selagi muda, jangan membuang waktu pada investasi yang aman, namun memiliki return rendah. Eko yakin, anak muda pasti bisa meng-handle risiko kesalahan atau kerugian dari investasi.

"Paling gampang profil risiko dilihat dari usia. Makin muda, ambil yang risikonya tinggi, returnnya tinggi. Kalau produk itu hasilnya tidak bagus, kalau pun rugi, masih bisa bekerja untuk menggantinya," ujar Eko.

Namun, Eko tidak menyarankan para investor, khususnya investor pemula yang berusia lebih tua mengambil risiko serupa. Menurut Eko, seharusnya golongan yang satu ini tidak lagi merasakan rugi terlalu banyak.

"Semua produk (investasi) pasti ada kurangnya. Yang perlu kita lakukan adalah menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Yang terbaik buat saya, belum tentu terbaik untuk Anda. Itulah makanya ada profil risiko," imbuhnya.

Eko menambahkan, dia mendorong masyarakat untuk melihat sebanyak-banyaknya kelebihan masing-masing produk investasi. Pasalnya, risiko pasti ada. Namun, ada pula cara meminimalisir risiko tersebut.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X