Ini Figur Menteri Perindustrian Harapan pengusaha

Kompas.com - 15/10/2014, 14:20 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia, Franky Sibarani, angkat bicara soal sosok yang tepat sebagai pengisi posisi Menteri Perindustrian. Menurut Franky, sosok tersebut sebaiknya memang memiliki visi yang sama dengan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Joko "Jokowi" Widodo dan Jusuf Kalla.

Franky yakin, tidak sulit bagi Jokowi untuk menemukan sosok tersebut. "Saya yakin bahwa Pak Jokowi-JK tidak sulit menemukan itu karena minimnya atau transaksi dengan parpol sudah ditekan seminimal mungkin. Kemudian, untuk kementerian atau lembaga, yang penting, sudah ditetapkan bahwa harus profesional," ujarnya ketika ditemui di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Menurut dia, banyak figur yang cocok menempati posisi Menteri Perindustrian. Figur pertama yang dia sebutkan adalah Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Budi Darmadi.

"Itu saya kira kandidat yang kalau memang memungkinkan dari karier. Tapi hal lain lagi saya kira banyak juga yang memungkinkan," ujarnya.

Selanjutnya, Franky juga menyebutkan nama Airlangga Hartarto sebagai sosok yang tepat mengisi posisi Menteri Perindustrian. Airlangga adalah Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011-2014. Airlangga juga Ketua Komisi VII DPR RI (2006-2009) membidangi energi, lingkungan hidup dan ristek dari Fraksi Partai Golkar.

"Tetapi ada satu figur yang menurut saya ada satu figur cukup baik itu Pak Airlangga Hartarto. Pak Airlangga Hartarto itu sebagai counterpart kami di Apindo dalam menyusun undang-undang industri yang baru. Jadi, rasanya itu menjadi ideal. Tapi, di luar kendala politik, ya. Tapi, Airlangga itu saya kira yang pas karena beliau yang melahirkan undang-undang industri," tutur Franky.

Mengenai nama yang kini tengah menjabat sebagai menteri, tepatnya Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, Franky juga memandang positif. "Waduh, sebetulnya Pak Luthfi itu background-nya kan BKPM. Saya kira memang jadi figur yang bisa dipilih, tentunya," pungkas Franky.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X