Kompas.com - 21/11/2014, 20:30 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan, "manusia perahu" di Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, tak bisa disebut sebagai nelayan kecil.

"Nelayan Indonesia yang di pulau-pulau itu rata-rata 5 GT. Itu kapal-kapal 'manusia perahu' ukurannya 10 GT-15 GT. Jadi, tidak bisa dibilang nelayan kecil," kata Susi, Jumat (21/11/2014).

Namun, Susi tak menampik kategori nelayan kecil atau bukan untuk kasus "manusia perahu" ini memang relatif. "Anda bandingkan dengan apa? Kalau dibanding dengan kapal Thailand, ya mereka termasuk kapal kecil."

Terlebih lagi, lanjut Susi, pengepul dari tangkapan para "manusia perahu" adalah kapal-kapal besar. "Modus operandi kapal-kapal kecil seperti ini, ada kapal besarnya di perbatasan yang menunggu hasil tangkapan mereka," ujar dia.

Kerugian dari modus tersebut, kata Susi, jelas tidak terdata. Dia mengatakan, ada kapal-kapal pengepul berukuran 300 GT dengan bendera Hongkong yang berkeliling mengumpulkan kekayaan laut dari pulau-pulau kecil di Indonesia. "Derawan adalah salah satunya," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mewanti-wanti pemerintah dan semua pihak untuk menyikapi keberadaan 400 "manusia perahu" yang ada di Tanjung Batu, Derawan, Kalimantan Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.