Kompas.com - 25/12/2014, 16:24 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorPalupi Annisa Auliani
TOKYO, KOMPAS.com - Citigroup, Kamis (25/12/2014), menyatakan telah sepakat menjual perbankan ritelnya di Jepang kepada Sumitomo Mitsui Banking Corp.

Kesepakatan ini termasuk menjual jaringan mesin ATM Citibank, 32 cabang, termasuk 740.000 akun nasabahnya dan dana nasabah senilai 2,5 triliun yen--setara Rp 262,5 triliun-dalam denominasi yen maupun valuta asing.

Pernyataan itu menyebutkan pula, 1.600 karyawan Citibank Jepang bakal dialihkan pula menjadi pegawai SMBC, satu dari tiga megabank di Jepang. Namun, nilai akuisisi baru akan disepakati pada akhir 2015, tanpa menyebutkan perkiraan nominal.

"Keputusan ini merupakan strategi lanjutan dari grup global Citi, untuk fokus pada sumber daya yang kami nilai punya keuntungan kompetitif yang tinggi," kata CEO Citibank Peter B Eliot, dalam pernyataannya.

Dalam pernyataan yang sama, Citigroup menyatakan sedang mempertimbangkan pula untuk melepas bisnis kartu kreditnya di Jepang, dalam penjualan terpisah, sebagai bagian dari perampingan global. Citi berencana memfokuskan bisnisnya ke sektor perbankan investasi dan korporat serta layanan jasa lain.

Citibank menyatakan para nasabah masih tetap akan bisa menggunakan jaringan global perbankan Citi sekalipun kesepakatan ini telah terlaksana kelak--jaminan terutama untuk para nasabah mereka di Jepang.

Jepang merupakan negara dengan industri perbankan yang ketat, sejalan dengan suku bunga ekstra-rendah di negara itu, ditambah kompetisi kuat di antara sesama perbankan. Banyak bank asing sudah lebih dulu menutup perwakilannya di sana.

Valuta asing dari Citi, akan menawarkan jalan bagi SMBC mendanai ekspansi kredit pendanaan luar negeri.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.