Jonan: Ini Enggak Mungkin Terjadi sejak Saya Jadi Menteri

Kompas.com - 09/01/2015, 19:49 WIB
Menteri Perhubungan Ignasius Jonanseusai mengikuti rapat koordinasi dua kementerian di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (28/10/2014). KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESMenteri Perhubungan Ignasius Jonanseusai mengikuti rapat koordinasi dua kementerian di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (28/10/2014).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menjawab secara halus saat ditanya apakah dunia penerbangan nasional bobrok atau tidak, setelah banyak masalah yang dia temui. Baginya, karut-marut dunia penerbangan hanya kondisi yang tidak tertib.

"(Kondisi ini) Tidak tertib saja," kata Jonan saat konferensi pers di kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Jonan mengatakan bahwa situasi penerbangan saat yang karut-marut sudah terjadi sejak lama. Meski begitu, dia mengaku tak tahu sejak kapan karut-marut ini mulai ada.

"Enggak tahu saya. Saya baru bertugas dua bulan," kata dia. "Ini enggak mungkin terjadi sejak saya jadi menteri," lanjutnya.

Oleh karena itu, Jonan pun mengaku akan secepatnya membenahi semua karut-marut di dunia penerbangan nasional. "Akan saya benahi," ucapnya.

Jonan melanjutkan, industri penerbangan di Indonesia selama 10 tahun terakhir tumbuh 15 persen. Mantan Dirut Direktur Utama PT KAI itu pun menyebutnya sebagai prestasi luar biasa. 

Meski begitu, Jonan memahami masih ada sejumlah kekurangan. "Kekurangan regulator dan operator, navigasi udara, dan bandara harus dibenahi. Kalau ditutupi saja tidak akan ada perbaikan yang signifikan. Saya ingin ya segera dibenahi. Semuanya," ujar Jonan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X