Bank Sentral Australia Pangkas Suku Bunga ke Level Terendah

Kompas.com - 03/02/2015, 15:11 WIB
EditorErlangga Djumena

SYDNEY, KOMPAS.com -
Bank sentral Australia Selasa (3/2/2015), memangkas suku bunga acuannya ke rekor terendah sepanjang sejarah. Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Glenn Stevens mengatakan, suku bunga acuan semalam diturunkan sebesar 25 basis poin menjadi 2,25 persen.

Selain itu, dia juga menambahkan, tingkat pertumbuhan ekonomi Australia akan melemah untuk beberapa waktu ke depan dan tingkat pengangguran akan kembali naik lebih cepat dari prediksi.

Sebelumnya, RBA terakhir kali menurunkan suku bunga acuan 18 bulan lalu.

"Perubahan kebijakan moneter global dalam sebulan terakhir telah meningkatkan kesulitan untuk memperlemah posisi dollar Australia. RBA sudah mencapai kesimpulan bahwa mereka harus mengambil langkah-langjah dan memberikan dorongan bagi mata uang untuk melemah. Kami rasa RBA akan melakukan pemangkasan suku bunga satu kali lagi," jelas James McIntyre, Head of Economic Research Macquarie Bank Ltd di Sydney.

Pasca keputusan RBA, indeks saham acuan Negeri Kanguru itu langsung melejit. Data Bloomberg menunjukkan, indeks S&P/ASX 200 Australia ditutup dengan kenaikan 1,5 persen menjadi 5.707,40. Ini merupakan level penutupan tertinggi sejak Mei 2008 lalu.

Sedangkan dollar Aussie melemah lebih dari satu sen ke level 76,59 per sen pada pukul 16.22 waktu Sydney.


Selain itu, dia juga menambahkan, tingkat pertumbuhan ekonomi Australia akan melemah untuk beberapa waktu ke depan dan tingkat pengangguran akan kembali naik lebih cepat dari prediksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.