Newmont Segera Ajukan Perpanjangan Izin Ekspor

Kompas.com - 09/02/2015, 18:28 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Izin ekspor PT Newmont Nusa Tenggara akan berakhir pada 18 Maret 2015. Atas dasar itu, Newmont segera akan mengajukan permohonan perpanjangan izin ekspor untuk enam bulan ke depan lagi.

Menurut juru bicara Newmont, Rubi Purnomo, permohonan perpanjangan izin ekspor tersebut segera akan dilayangkan ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Surat permohonan saat ini sedang diproses untuk diajukan. Kami berharap operasi tambang Batu Hijau dapat dilaksanakan secara berkesinambungan,” ucap Rubi, Jakarta, Senin (9/2/2015).

Sebelumnya, Newmont mendapat izin ekspor dari Kementerian ESDM untuk periode 18 September 2014 hingga 16 Maret 2015, sebanyak 350.000 ton konsentrat tembaga. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, R Sukhyar menuturkan, pemerintah akan memberitahu Newmont terkait batas waktu pengajuan permohonan.

“Kalau tidak diajukan (permohonan perpanjangan) maka Newmont tidak bisa ekspor pasca-izin berakhir,” ujar Sukhyar.

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No.11 tahun 2014, permohonan perpanjangan izin ekspor paling cepat dilakukan 45 hari dan paling lambat 30 hari, sebelum rekomendasi berakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.