Kompas.com - 12/02/2015, 20:28 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi belakangan ini belum signifikan. Menurut Kalla, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang melemah tersebut bisa menguntungkan bagi eksportir sehingga bisa menekan impor.

"Enggak (tinggi), kita untung untuk turunkan impor mungkin," kata Kalla di Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Sejauh ini, Kalla mengaku belum tahu persis faktor apa yang menjadikan nilai tukar rupiah melemah. Kendati demikian, ia mengatakan ada sejumlah faktor yang mempengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dollar. Di antaranya, faktor ekonomi, faktor isu, atau faktor luar.

"Saya belum tahu ada faktor apa ini. Tapi itu rupiah selama stabil saja sekitar itu, it's ok. Mungkin ekspor kita baik malah," ucap Kalla.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar beberapa hari ini dikarenakan faktor eksternal. Dia menyebut adanya harga minyak yang terus turun. Kendati demikian, menurut Jokowi, inflasi masih bisa dikendalikan meskipun rupiah melemah.

Ia juga mengatakan bahwa neraca perdagangan masih terpantau baik. Seperti diberitakan sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan Kamis ini makin terpuruk hingga menembus level 12.800.

Mata uang Garuda di pasar spot, seperti ditunjukkan data Bloomberg, dibuka anjlok ke level 12.841 per dollar AS, dibanding penutupan kemarin pada level 12.723 per dollar AS. Di sisi lain, euro masih melemah akibat belum tuntasnya negosiasi antara Yunani dan Troika. Minyak Brent turun sekitar 2,62 persen setelah cadangan minyak AS diumumkan naik.

Sementara itu, malam nanti, pasar akan menunggu angka initial jobless claims AS yang diperkirakan naik tipis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.