Pertamina Minta Dukungan Pemda, Wajibkan Angkutan Umum Gunakan BBG

Kompas.com - 03/03/2015, 20:45 WIB
Pertamina Kompas.comPertamina
|
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) mengharapkan dukungan dari pemerintah baik pusat maupun daerah untuk mendorong masyarakat agar beralih dari mengkonsumsi bahan bakar minyak menjadi mengkonsumsi bahan bakar gas (BBG).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, ada sejumlah dukungan yang diharapkan Pertamina dari pemerintah. Salah satunya adalah peraturan pemerintah dan pemerintah daerah yang mewajibkan angkutan umum, kendaraan dinas untuk memakai BBG.

“Dari 13 permintaan Pertamina itu, kalau dikelompokkan di antaranya menyangkut soal regulasi, soal suplai dan kebijakan harga, soal masyarakat yang perlu disiapkan, dan soal pekerjaan kontraktor,” kata Sudirman, Selasa (3/3/2015).

Selain meminta agar Pemda mewajibkan angkutan umum dan angkutan dinas menggunakan BBG, Pertamina juga mengharapkan dukungan dari pemerintah berupa kebijakan untuk mendorong ATPM menyediakan tipe kendaraan baru berbahan bakar bi-fuel dan keringanan bea masuk kendaraan bi-fuel.

Menanggapi sejumlah permintaan Pertamina, Sudirman mengatakan pemangku kepentingan terkait pada dasarnya menyambut baik program konversi BBM ke BBG. Namun, sambung dia, mereka meminta pemerintah konsisten dengan kebijakan yang dikeluarkan.

Selain regulasi yang mesti disiapkan, pembangunan infrastruktur juga harus dipercepat. Dan terakhir, kata dia, perlu adanya edukasi kepada masyarakat. Sudirman melihat, saat ini ada perasaan belum nyaman pada masyarakat ketika harus menggunakan gas.

“Ini kita dorong. Kita mulai dari angkutan pemerintah, angkutan umum, mobil dinas, bisa juga mobil militer, termasuk transjakarta,” pungkas Sudirman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.