Pasang Mesin Canggih, Garuda Rogoh Rp 15,6 Triliun

Kompas.com - 29/07/2015, 14:40 WIB
Dirut Garuda Indonesia Arif Wibowo KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENADirut Garuda Indonesia Arif Wibowo
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia melanjutkan kerjasama dengan CFM Internasional untuk penyediaan mesin pesawat yang diklaim paling canggih yaitu LEAP-1B dengan nilai total senilai 1,2 miliar dollar AS (Rp 15,6 triliun dengan kurs Rp 13.000 per dollar AS).

Rencananya, mesin pesawat itu akan digunakan pada 50 pesawat B737 MAX yang akan dibeli Garuda dari Boeng Commercial Airplanes.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengungkapkan bahwa harga satu mesin pesawat sekitar 12 juta dollar AS. Artinya untuk 50 pesawat, Garuda membutuhkan 100 mesin. "Kerjasama dengan CFM ini kan bermanfaat untuk menghadirkan teknologi paling modern dan mesin yang efisien bahan bakar," ujar Arif Wibowo di Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Menurut Arif, kerjasama dengan CFM bukan kali ini saja dilakukan oleh Garuda. Sejak tahun 1990-an Garuda sudah memasang mesin buatan CFM yaitu CFM56 untuk armada Boeing 737-300.

Saat ini lanjut dia, hampir 80 mesin CFM digunakan di pesawat yang dioperasikan Garuda. Sementara rencana penggunaan mesin LEAP-1B yang dipesan akan digunakan pada pesawat B737 MAX yang merupakan pengembangan dari B737-800NG.

Keunggulan mesin baru ini yaitu pada efisiensi tertinggi dan kehandalan mesinnya. Saat ini, LEAP digadang-gadang sebagai mesin pesawat tercanggih, terhadap, dan paling efisien dalam penggunaan bahan bakar. Dengan bobot mesin yang ringan, komponen tersebut dinilai akan menghasilkan efisiensi penggunaan bahan bakar hingga 15 persen.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X