Rupiah Melemah Terlalu Dalam, BI Siap Lakukan Intervensi

Kompas.com - 12/08/2015, 13:02 WIB
Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. shutterstockIlustrasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Melemahnya nilai tukar rupiah di pasar spot yang menembus hingga ke level Rp 13.800 per dollar AS memaksa Bank Indonesia melakukan upaya stabilisasi.

Dalam penjelasan resminya, Rabu (12/8/2015), Bank Indonesia menyatakan bahwa pelemahan rupiah sudah terlalu dalam dan berada di bawah nilai fundamentalnya (undervalued).

"Menyikapi perkembangan tersebut, Bank Indonesia telah dan akan terus berada di pasar untuk melakukan upaya stabilisasi nilai tukar rupiah," tulis BI.

Terkait dengan itu, Bank Indonesia akan mengoptimalkan bauran kebijakan dan terus berkoordinasi dengan pemerintah dan otoritas lainnya.

Sementara itu mengutip Reuters, seorang pialang memperkirakan Bank Indonesia akan mengguyurkan dollar AS ke pasar tak lebih dari 400 juta dollar AS pada hari ini untuk menopang penguatan rupiah.

Kompas TV Rupiah Terus Mengalami Penurunan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X