Rizal Ramli Minta Bandara di Kepulauan Seribu Diperbesar

Kompas.com - 20/08/2015, 14:00 WIB
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com -Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun bandara yang lebih besar di Kepulauan Seribu guna mendukung potensi pariwisata maritim di kawasan tersebut.

"Bandaranya sekarang hanya 800 meter untuk pesawat kecil. Kami akan minta tingkatkan jadi 1.500 meter supaya pesawat yang agak besar bisa masuk. Mereka (turis) bisa langsung naik kapal atau yacht ke daerah sekitar," kata Rizal di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Rizal mengatakan, pihaknya akan meminta Kementerian Perhubungan untuk membangun beberapa pelabuhan, agar turis yang naik kapal atau yacht bisa langsung menikmati pariwisata di Kepulauan Seribu.

"Nanti akan dilanjut dengan task force (satuan kerja) biar konkret. Misal bangun pelabuhan ukurannya berapa, anggarannya berapa, itu akan disusun," ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pihaknya akan melanjutkan pembangunan bandara di Pulau Panjang Besar, Kepulauan Seribu, yang pernah beroperasi setelah 1998 lalu.

"Di Pulau Panjang sudah ada bandara sebetulnya, hanya sekarang kita mau kembangkan, ini kan supaya ada elit masuk," katanya.

Pihaknya mengatakan proses lelang sudah bisa dimulai tahun ini sehingga tahun depan proyek tersebut bisa segera dimulai.

Ahok, sapaan akrab Basuki, juga mengatakan pihaknya akan membangun bandara tersebut dengan menggandeng pihak swasta termasuk untuk proyek reklamasi pulau dan villa-villa di sekeliling pulau tersebut.

Pemprov DKI sendiri, kata dia, tengah merumuskan cara lelang agar pihak swasta tertarik membangun, memelihara, dan mengoperasikan bandara serta mau melaksanakan proyek reklamasi pembangunan villa di pulau tersebut. 

"Memang jauh lebih cepat pakai swasta, tapi yang penting semua sertifikatnya punya DKI. Ini akan kita kembangkan, tapi formula sistem pelelangannya belum ketemu," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.