Pemerintah Pastikan Harga Daging Ayam Segera Turun

Kompas.com - 28/08/2015, 17:06 WIB
Pedagang daging ayam melayani pembeli di Pasar Senen, Jakarta, Senin (15/6/2015). Jelang Ramadhan, harga beberapa kebutuhan pokok mulai merangkak naik, mulai dari harga cabai, daging ayam dan daging sapi. KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESPedagang daging ayam melayani pembeli di Pasar Senen, Jakarta, Senin (15/6/2015). Jelang Ramadhan, harga beberapa kebutuhan pokok mulai merangkak naik, mulai dari harga cabai, daging ayam dan daging sapi.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Harga daging ayam ras yang masih tinggi dipastikan akan turun awal bulan depan. Hal tersebut dikarenakan pasokan daging ayam akan tercukupi setelah panen.

“Sudah ada yang panen awal bulan, meskipun belum semua,” kata Direktur Bahan Pokok dan Barang Strategis Kementerian Perdagangan, Robert James Bintaryo, Jumat (28/8/2015).

Harga daging ayam ras justru naik sejak lebaran usai. Di beberapa daerah yang menjadi sentra penghasil ayam ras ini, harga daging ayam tersebut menyentuh Rp 40.000 hingga Rp 45.000 per kilogram. Berdasarkan data Kemendag, harga rata-rata nasional daging ayam ras pada hari ini yaitu Rp 33.740 per kilogram.

Robert menjelaskan, anomali harga daging ayam ras setelah-lebaran tahun ini disebabkan para peternak tidak mau kembali rugi seperti pengalaman yang bertahun-tahun mereka alami. Harga daging ayam ras selalu anjlok setelah Lebaran. Akhirnya, para peternak menahan bibit ayam (DOC) untuk mengurangi pasokan.

Robert lebih jauh menjelaskan, bibit ayam baru didatangkan kembali oleh para peternak pada minggu ketiga Juli. Pembibitan ayam dilakukan selama 40 hari. “Jadi bulan depan diharapkan sudah panen di beberapa, tapi panen yang merata belum,” kata dia lagi.

Sementara itu mengenai harga daging ayam ras yang masih tinggi saat ini Robert menuturkan, harga di tingkat konsumen sekitar Rp 35.000 sampai Rp 37.000 per kilogram. Namun, dia memastikan setelah memasuki masa panen harganya akan turun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X