Menteri ESDM Sebut 50 Pulau Terdepan Sudah Dialiri Listrik

Kompas.com - 30/08/2015, 17:27 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyebutkan, pihaknya berhasil mengaliri listrik di 50 pulau terdepan Indonesia.

"Setelah 70 tahun merdeka, 50 pulau terdepan itu kini sudah dialiri listrik. Itu dikerjakan oleh PLN semua," ujar Sudirman di acara diskusi di gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (30/8/2015).

Dia mengakui, pembangunan infrastruktur di pulau terluar bukan hal yang mudah. Namun, belum setahun pemerintah era Joko Widodo berjalan, kementeriannya dapat mewujudkan hal tersebut.

Kini, kementeriannya masih mengejar target presiden soal peningkatan kapasitas listrik sebesar 35.000 Mega Watt dalam waktu lima tahun. "Ingat, baru 87 persen wilayah Indonesia yang sudah dialiri listrik. Sementara sebanyak 2.500 desa belum dialiri listrik," ujar Sudirman.

"Ini bukan soal yakin atau tidak yakin. Tapi ini keharusan. Ini tantangan bagi kami. Sejak dua bulan kabinet terbentuk, saya sudah ditanya soal target ini. Saya bilang, target ini harus saya pegang erat-erat," lanjut Sudirman.

Untuk itu pihaknya hanya berharap kementerian lain juga membantu pencapaian target tersebut. Ia mengatakan, peningkatan kapasitas listrik itu tidak hanya kerja kementerian ESDM saja, tapi juga kementerian lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.