Ekspor ke Singapura, Mangga Arum Manis Dibanderol Rp 50.000 Per Kilogram

Kompas.com - 01/10/2015, 11:12 WIB
Ilustrasi buah mangga KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA Ilustrasi buah mangga
EditorErlangga Djumena
SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman melepas ekspor mangga arum manis sebanyak tiga ton ke Singapura.

"Ini ekspor tiga ton lebih, setiap tahun di atas 200 ton," katanya saat acara pelepasan ekspor mangga arum manis di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (30/9/2015).

Ia mengatakan, jika ada 1.000 pengusaha arum manis saja dapat mengekspor 200.000 ton mangga itu.

Lebih lanjut Menteri Amran mengatakan pihaknya juga akan memperketat standar keamanan buah mangga sehingga bisa diekspor kembali ke Tiongkok, "Standar keamanan pangan nanti kita perketat. Ini kita perketat juga supaya disortir dengan baik sebelum dikirim," ujarnya.

Direktur Utama Wijaya Fruits Gianto Wijaya mengatakan, ekspor mangga arum manis merupakan pasar yang luas dengan harga yang tinggi. Menurut dia, mangga arum manis yang diekspor itu dijual dengan harga sekitar Rp 50.000 per kilogram.

Ia mengatakan, mangga juga diekspor ke berbagai negara seperti Malaysia, Hongkong, Brunei Darussalam, dan sebagian wilayah Arab. "Kita tiap hari ekspor. Besok ke Malaysia," ujarnya.

Ia berharap produktivitas mangga dapat ditingkatkan dan semakin banyak yang terlibat dalam usaha ekspor mangga. "Kami minta dorong mangga supaya bisa ditingkatkan volumenya," katanya.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X