Jonan: Maskapai Lain Bisa Terbangi Rute Sentani Milik Trigana Air

Kompas.com - 06/11/2015, 18:20 WIB
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dipastikan akan tetap membekukan izin rute maskapai Trigana Air di Sentani sebagai tindak lanjut dari kecelakaan beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, pesawat jenis ATR 42 dengan nomor registrasi PK-YRN dan nomor penerbangan IL-257 hilang kontak dalam penerbangan Jayapura-Oksibil, Minggu (16/8/2015). Belakangan, diketahui pesawat tersebut jatuh dan dalam keadaan hancur.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, mengungkapkan tetap membekukan izin rute penerbangan pesawat yang jatuh, hingga ada corrective action, atau sampai ada rekomendasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Rute yang biasa diterbangi Trigana biar dilayani maskapai lain dulu, supaya ada pembelajaran," kata Jonan dalam acara "Penghargaan Tim Pencarian Pesawat Trigana Air", Jumat (6/11/2015)

Selain itu, pembekuan juga dilakukan untuk menekan angka kecelakaan pesawat semaksimal mungkin. Menurut dia, Kemenhub akan meminta KNKT untuk memberikan rekomendasi maskapai mana saja yang akan dibekukan.

"Trigana Air untuk rute ke Sentani dicabut izinnya, semua tidak boleh jalan," ujarnya. (Sylke Febrina Laucereno)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.