Sinergi BUMN, Bank Mandiri Tangani Pengelolaan Keuangan PT Pelni

Kompas.com - 22/11/2015, 18:52 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri ditunjuk sebagai bank yang melayani pengelolaan keuangan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

Melalui kerjasama ini, Bank Mandiri dan Pelni akan mengimplementasikan fasilitas pengelolaan keuangan yang meliputi cash management, e-tax dan host-to-host e-ticketing.

Fasilitas layanan perbankan tersebut melengkapi sinergi Bank Mandiri dan Pelni sebelumnya seperti, pemberian fasilitas kredit modal kerja, trade finance, treasury line, payroll pegawai dan co-branding kartu pegawai.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin mengatakan, layanan perbankan tersebut merupakan salah satu bentuk sinergi antar-BUMN.

"Layanan perbankan ini diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan keuangan perusahaan sehingga pada akhirnya, dapat mendukung pencapaian kinerja positif perusahaan," ujar Budi dalam keterangan resmi, Minggu (22/11/2015).

Sementara itu Direktur Utama Pelni Elfien Goentoro mengemukakan Pelni saat ini sedang mewujudkan efisiensi dalam pengelolaan keuangan, baik sisi penerimaan maupun pengeluaran. Hal itu dilakukan melalui single treasury account.

Hal ini perlu dilakukan karena tugas Pelni saat ini tidak hanya mengangkut penumpang saja, tetapi juga mengangkut barang.

"Pelni mendapatkan tantangan baru untuk mengangkut barang-barang kebutuhan pokok dalam rangka mewujudkan Program Tol Laut. Di sisi lain, Pelni harus tetap memberikan pelayanan transportasi laut kepada para penumpang," ujar Elfien.

Sampai dengan September tahun 2015 ini, hampir 14.000 perusahaan di Indonesia telah memanfaatkan layanan Mandiri Cash Management dengan frekuensi transaksi sebesar 81,5 juta kali dengan nilai mencapai Rp. 3.100 triliun.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.