Mengintip Kesiapan Bandara Pondok Cabe

Kompas.com - 05/12/2015, 12:21 WIB
Suasana pembenahan landasan pacu Bandara Pondok Cabe Tangerang Selatan, Jumat (4/12/2015). Menjelang Maret 2016 Bandara Pondok Cabe terus berbenah untuk menjadi bandara komersil. Kompas.com/Rd. Ramanda JahansyahtonoSuasana pembenahan landasan pacu Bandara Pondok Cabe Tangerang Selatan, Jumat (4/12/2015). Menjelang Maret 2016 Bandara Pondok Cabe terus berbenah untuk menjadi bandara komersil.
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.COM - Ada pemandangan yang tak biasa di Bandar Udara (Bandara) Pondok Cabe, Tangerang. Aktivitas di Bandara ini sejak November kemarin terlihat tak kunjung sepi. Dari pagi hingga malam truk pengangkut material aspal dan mesin giling terlihat terus berseliweran di landasan pacu.

Kegiatan pemasangan pagar pun terlihat hampir setiap jam. "Ada total 10 titik pekerjaan yang dikerjakan secara berbarengan di Bandara Pondok Cabe," ujar Kepala Lapangan Bandara Pondok Cabe, Tangerang Swaroop Widodo, Jumat (4/12/2015).

Sepuluh titik pembenahan fisik yang harus diselesaikan tersebut menurut Swaroop antara lain overlay runway (pengaspalan landasan pacu), pembuatan marking (garis landasan), pemasangan lighting (lampu landasan), pembuatan rute servis, pembuatan akses rute PKBBK, menghubungkan apron (tempat parkir pesawat) yang terputus oleh rumput, pengaspalan aspal jalan raya, persiapan perangkat navigasi, dan fasilitas keberangkatan dan kedatangan.

Berdasarkan pengamatan, Bandara Pondok Cabe memang sedang dibenahi di sana-sini. Jalur, baik untuk landasan pacu atau jalur menuju apron sedang diaspal. Beberapa kendaraan pengangkut material aspal berseliweran di landasan diikuti oleh beberapa pekerja yang terlihat  mengukur kemiringan jalur.

Di sisi kanan dan kiri jalur landasan terdapat galian tanah sedalam 70 cm. Lebarnya kurang lebih 500 cm. Kata Swaroop, galian tersebut akan digunakan untuk menanam kabel lampu yang akan digunakan untuk menerangi landasan pacu. "Nanti kita kasih pasir, pasang pipa, dan masukkan kabelnya," ujar Swaroop.

Galian tidak hanya mengikuti jalur pacu, tapi juga mengikuti semua jalur. "Bukan cuma landasan runway (landasan pacu) tapi tinggal tunggu selesai kita pasang," tuturnya.

Tanah di depan tempat parkir apron, beberapa meternya digali dan sedang dibuat untuk rute keluar masuk pesawat. Di sisi luar bandara pagar-pagar berwarna perak terlihat mulai didirikan. Beberapa pekerja terlihat sibuk memasang pagar. Sebagian besar pagar baru sudah terpasang.

Jika didekati, bisa dilihat ternyata ada dua pagar yang melingkari Bandara Pondok Cabe. Bagian luar adalah pagar lama yang tak dicabut, bagian dalam barulah pagar baru yang sedang dipasang.

Sementara itu, di ujung landasan pacu, sekitar 100 meter terlihat masih terdapat dua gawang sepak bola. Tidak jauh dari sana terdapat juga tempat pemancingan. "Nanti kita cabut semua, termasuk pemancingan," tutur Swaroop.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X