Mulai Tahun Depan, Produk Pakan Ikan Mandiri Harus Ber-SNI

Kompas.com - 08/12/2015, 14:03 WIB
Para pekerja mengangkat pakan ikan ke dalam perahu motor di terminal air Jangari, Desa Bobojong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. KOMPAS IMAGES/ RODERICK ADRIAN MOZESPara pekerja mengangkat pakan ikan ke dalam perahu motor di terminal air Jangari, Desa Bobojong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mewajibkan pakan ikan mandiri sudah memenuhi standar nasional industri (SNI) mulai tahun depan.

Mandatory ini dibarengi dengan bantuan untuk pengujian secara gratis.

“Biaya registrasi untuk pengujian per sampel saja saat ini Rp 2 juta. Pengujian dilakukan di balai pengujian milik KKP, ada 14 balai,” kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, KKP, Slamet Soebjakto, di Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Slamet menuturkan, dengan ketentuan tersebut diharapkan makin menggenjot produksi pakan ikan mandiri dan dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan baku impor, seperti yang paling banyak saat ini yaitu tepung ikan.

Slamet mengatakan, produksi tepung ikan dalam negeri pada tahun ini mencapai 139.459 ton. Sementara kebutuhannya mencapai 211.000 ton.

“Produksi tepung dalam negeri diharapkan naik. Prediksi kita, produksi tepun ikan tahun depan mencapai 166.241 ton,” imbuh Slamet.

Selain berasal dari tepung ikan, Slamet menambahkan, KKP mendorong para para produsen untuk menghasilkan pakan ikan dari bahan nabati, seperti enceng gondok, dan bungkil kelapa sawit.

“Nanti kita juga akan buat regulasi agar pemilik pabrik-pabrik kelapa sawit menyisihkan 10 persen limbahnya untuk CSR. Pemerintah harus ikut mengatur ini,” tukas Slamet.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X