Anggaran KKP tahun 2016 Diputuskan Rp 13,8 Triliun

Kompas.com - 14/12/2015, 14:22 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Daftar Isian Penggunaan Anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk tahun anggaran 2016 diputuskan sebesar Rp 13,8 triliun.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun ingin agar semua unit kerja melaksanakan anggaran dengan tata kelola yang baik (good governance) sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Saya minta anggaran tahun 2016 ini jangan sampai kita menjadi role model yang jelek. Ternyata ada pegawai kita ketahuan tidak benar. Nanti orang bilang, ‘Apa itu role model? Ternyata KKP tidak melaksanakan dengan betul?” kata Susi, Senin (14/12/2015).

Lebih lanjut dia memberikan arahan kepada jajarannya, agar bisa melakukan kegiatan pengadaan barang dan jasa sesuai prosedur.

“Pelaksanaan anggaran 2016 harus 'efficient, sufficient, out come oriented, and accountable’. Itu empat keyword yang tidak boleh kita lupakan,” tegas Susi.

Dalam kesempatan itu Susi juga mengaku terharu sekaligus bangga, karena sudah setahun bekerja bersama jajarannya di KKP.

“Hari ini saya juga bangga dan terharu, Pak Presiden bicara di depan gubernur dan semua mengapresiasi kerja KKP beserta seluruh jajarannya,” kata dia lagi.

KKP ditetapkan sebagai percontohan karena dinilai banyak terobosan. Untuk itu, kementerian ini ditetapkan menjadi percontohan (role model) dalam penggunaan anggaran tahun 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.