Tak Ada Minuman Beralkohol dalam Penerbangan Rayani Air

Kompas.com - 21/12/2015, 16:15 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Sejumlah peraturan khusus diterapkan dalam perjalanan penerbangan Rayani Air. Selain tak ada minuman beralkohol, kru penerbangan perempuan yang beragama Islam mesti menggunakan hijab. Sementara, awak kabin yang beragama non-Muslim mesti berbusana sopan.

Adalah Managing Director Rayani Air Jaafar Zamhari yang menjelaskan sejumlah peraturan itu sebagaimana warta laman Bloomberg hari ini, Minggu (20/12/2015). Ia menjelaskan, maskapai penerbangan yang dipimpinnya adalah maskapai penerbangan yang menerapkan prinsip-prinsip ke-Islaman dalam pelayanannya. "Kami menyajikan hidangan yang sepenuhnya halal," kata Zamhari sembari menambahkan bahwa sebelum pesawat lepas landas, ada sesi bagi penumpang berdoa bersama.

"Kami adalah maskapai penerbangan Malaysia pertama yang berbasis syariah dan panduan dari otoritas terkait. Kami sangat bangga akan hal ini. Aspek berbasis syariah akan menjadi luwes seiring berjalannya waktu," ujar Zamhari.

Rayani Air, memulai operasinya pada Senin (21/12/2015) waktu setempat. Penerbangan perdana adalah dari Kuala Lumpur menuju pulau wisata Malaysia, Langkawi.

Malaysia dan Rayani Air bukanlah negara maupun maskapai penerbangan pertama yang menjalankan bisnis dan penerbangan berbasis syariah. Sebelumnya sudah ada beberapa maskapai penerbangan beraspek syariah yang telah beroperasi di beberapa negara. Maskapai penerbangan Firnas Airways yang berasal dari Inggris kabarnya berencana menawarkan penerbangan serupa mulai tahun 2016 mendatang.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.