Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Usul Gerbang Tol Cikopo Ditiadakan

Kompas.com - 03/01/2016, 21:07 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan agar Gerbang Tol Cikopo ditiadakan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Sugihardjo mengatakan, Kemenhub menginginkan adanya integrasi Jasa Marga sebagai pengelola tol Jakarta-Cikampek yakni Jasa Marga dan Lintas Marga Sedaya (LMS) selalu operator tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Kalau sistemnya terintegrasi kenapa di Cikopo harus ada transaksi. Itu entry masuk bukan keluar, dan hanya perpindahan operator antara LMS masuk Jasa Marga. Kalau sistem integrasi, Gerbang Cikipo dihapus (saja)," ujar Sugihardjo di Jakarta, Minggu (3/1/2015).

Saat musim liburan, kata dia, kondisi Gerbang Tol Cikopo baik ke arah Cirebon atau ke arah Jakarta selalu dijejali kendaraan yang mengantre membayar dan mengambil kartu tol.

Kemenhub menginginkan antrean tersebut tak perlu ada di Cikipo bila sistem kedua operator tersebut saling terintegrasi.

Jadi pengendara dari arah Jakarta ke arah Cirebon hanya mengambil kartu di Gerbang Tol Cikarang Utama dan membayar tol di pintu keluar tol tujuan masing-masing.

Sedangkan pengendara dari arah Cirebon ke Jakarta hanya mengambil kartu di gerbang tol masuk masing-masing, dan membayarnya di Gerbang Tol Cikarang Utama.

Selama ini, pengendara dari Jakarta atau pun Cirebon harus melalukan transaksi dua kali akibat adanya Gerbang Tol Cikopo.

Selain mengusulkan agar Gerbang Tol Cikopo dihapus, Kemenhub juga meminta agar digunakannya sistem tiket elektronik. Dengan adanya sistem tersebut, maka tak akan ada lagi pembayaran tunai disetiap gerbang tol. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com