Kompas.com - 03/01/2016, 21:07 WIB
Pintu tol Cikopo. Tribunnews.comPintu tol Cikopo.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan agar Gerbang Tol Cikopo ditiadakan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Sugihardjo mengatakan, Kemenhub menginginkan adanya integrasi Jasa Marga sebagai pengelola tol Jakarta-Cikampek yakni Jasa Marga dan Lintas Marga Sedaya (LMS) selalu operator tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Kalau sistemnya terintegrasi kenapa di Cikopo harus ada transaksi. Itu entry masuk bukan keluar, dan hanya perpindahan operator antara LMS masuk Jasa Marga. Kalau sistem integrasi, Gerbang Cikipo dihapus (saja)," ujar Sugihardjo di Jakarta, Minggu (3/1/2015).

Saat musim liburan, kata dia, kondisi Gerbang Tol Cikopo baik ke arah Cirebon atau ke arah Jakarta selalu dijejali kendaraan yang mengantre membayar dan mengambil kartu tol.

Kemenhub menginginkan antrean tersebut tak perlu ada di Cikipo bila sistem kedua operator tersebut saling terintegrasi.

Jadi pengendara dari arah Jakarta ke arah Cirebon hanya mengambil kartu di Gerbang Tol Cikarang Utama dan membayar tol di pintu keluar tol tujuan masing-masing.

Sedangkan pengendara dari arah Cirebon ke Jakarta hanya mengambil kartu di gerbang tol masuk masing-masing, dan membayarnya di Gerbang Tol Cikarang Utama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama ini, pengendara dari Jakarta atau pun Cirebon harus melalukan transaksi dua kali akibat adanya Gerbang Tol Cikopo.

Selain mengusulkan agar Gerbang Tol Cikopo dihapus, Kemenhub juga meminta agar digunakannya sistem tiket elektronik. Dengan adanya sistem tersebut, maka tak akan ada lagi pembayaran tunai disetiap gerbang tol. 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.