Hari Ini, Pembangunan Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung Dimulai

Kompas.com - 21/01/2016, 07:42 WIB
Sebuah kereta api cepat China memasuki stasiun Provinsi Hebei. ED Jones / AFPSebuah kereta api cepat China memasuki stasiun Provinsi Hebei.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com — Proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dimulai hari ini, Kamis (21/1/2016).

Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri langsung acara seremoni tersebut.

Peletakan batu pertama megaproyek itu akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Proyek KA cepat Jakarta-Bandung adalah proyek patungan badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia dan China.

Indonesia diwakili oleh perusahaan gabungan BUMN, yakni PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI). Sementara itu, China diwakili oleh China Railway International (CRI).

BUMN kedua negara sepakat membentuk perusahaan bersama, yakni PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC). Perusahaan inilah yang menjadi pemilik proyek tersebut.

Berdasarkan izin trase yang sudah dikeluarkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jalur KA cepat Jakarta-Bandung itu memiliki panjang 142,3 kilometer dengan empat stasiun dan satu dipo.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Empat stasiun tersebut adalah Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar. Fasilitas operasi berupa dipo berada di Tegalluar.

Pembangunan kereta Cepat Jakarta-Bandung diperkirakan memakan biaya sekitar 5,5 miliar dollar Amerika atau sekitar Rp 72 triliun. Ditargetkan, proyek tersebut rampung pada 2018 mendatang dan mulai bisa dioperasikan pada 2019.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X