Kompas.com - 22/01/2016, 14:56 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan, PT Pelni, dan Kementerian Pertanian sepakat bahwa kapal ternak Camara Nusantara 1 bakal berlayar lagi pada 2 Februari 2016. Menurut informasi yang disampaikan Kementerian Pertanian pada Kamis (21/1/2016), rute yang bakal ditempuh adalah Pelabuhan Tenau, Kupang - Waingapu - Lembar - Bima - Tanjung Perak - Tanjung Emas - Cirebon, pergi pulang (pp).

Kementerian tersebut juga mengatakan bahwa jadwal pelayaran berikut kapal tersebut adalah pada 16 Februari 2016 dan 1 Maret 2016. Kementerian Pertanian sudah melakukan sosialisasi jadwal kepada dinas yang menangani fungsi peternakan dan kesehatan hewan pada rute pelayaran tersebut serta kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Di dalam pernyataan itu, Kementerian Pertanian juga menjelaskan bahwa saat kembali usai pelayaran perdana, kapal ternak  diharapkan dimanfaatkan untuk mengangkut bahan pakan dan pakan ternak, baik  untuk kebutuhan ternak di kapal selama perjalanan maupun dalam menunjang ketersediaan pakan di daerah sentra sapi potong.

Terkait dengan informasi adanya kapal kosong (baca: Pengusaha NTT Enggan Jual Sapi Lewat Kapal Ternak?), Kementerian Pertanian menjelaskan bahwa penetapan operator kapal terlaksana pada 18 Januari 2016. Sehingga, setelah itu, baru ditetapkan jadwal rutin pelayaran.

Kementerian Pertanian mengaku memang sebelum penetapan jadwal ada pelayaran yang kosong. Namun begitu, setelah ada jadwal yang tetap setiap dua minggu sekali,diperkirakan pelaku usaha siap menggunakan fasilitas pelayaran tersebut.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.