Menteri Desa: Lebih dari Separuh Penduduk Miskin Berada di Perdesaan

Kompas.com - 07/02/2016, 11:17 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar. Dok UnasMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Desa menyatakan jumlah penduduk miskin di Indonesia saat ini mencapai 28,5 juta jiwa. Dari jumlah itu, lebih dari separuhnya tinggal di perdesaan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar menyebutkan pertumbuhan ekonomi khususnya di daerah tertinggal masih sangat memprihatinkan.

Dari 122 daerah tertinggal di Indonesia, 73 persen di antaranya memiliki pertumbuhan ekonomi di bawah rata-rata nasional.

"Itu artinya, jumlah terbanyak masyarakat miskin di Indonesia ada di desa. Itulah kenapa, perekonomian masyarakat desa harus segera diselamatkan," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (7/2/2016).

Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, Marwan meminta kerjasama instansi pemerintah daerah untuk turut mendukung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Usaha Bersama Komunitas (UBK).

"Dengan adanya BUMDes dan UBK, perekonomian masyarakat desa akan sangat terbantu. Kita sudah dirikan 200 UBK, memang jumlah ini masih sangat sedikit, tapi hasilnya bagus," ujar Marwan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X