Masuknya Investasi Asing Gairahkan Industri Film Nasional

Kompas.com - 10/02/2016, 18:06 WIB
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengatakan jika revisi daftar negatif investasi (DNI) untuk industri film nasional direalisasikan, akan membuat industri perfilman nasional menjadi lebih bergairah.

"Akan menguntungkan apabila investasi asing dapat masuk ke industri perfilman nasional. Pasalnya, hal ini dapat mendorong perkembangan perfilman Indonesia agar lebih maju," kata Triawan di Jakarta, Rabu (10/02/2016).

Dia menambahkan, jika pihak asing boleh memberikan pendanaan dan melakukan investasi maka industri perfilman Indonesia bisa berkembang. ""Apakah itu 10 persen (jumlah investasi asing), tapi asing boleh memberikan pendanaan," tambah dia.

Menurut Triawan, selama ini industri perfilman mengalami kekurangan dana. Akibatnya, mengembangkan industri perfilman Indonesia menjadi hal yang sulit.

Para pelaku industri perfilman juga mengeluhkan sedikitnya investasi yang masuk ke sektor tersebut. Sutradara Joko Anwar, dalam kesempatan terpisah, menyatakan setuju jika investasi asing masuk.

Menurut dia, jika revisi DNI disahkan, investasi dan modal asing akan masuk. Dengan adanya investasi, akan memungkinkan banyak film Indonesia bakal diproduksi, termasuk yang bertema budaya lokal.

"Mungkin, tema-tema yang selama ini belum diproduksi karena tak mendapat modal, juga akan diproduksi," ujar dia.

Sebelumnya, Badan Ekonomi Kreatif berencana menambah layar bioskop untuk segmen menengah bawah. Sebab, saat ini hanya ada 1.088 layar bioskop yang rata-rata untuk kelas menengah atas. padahal minimal Indonesia memiliki 5.000 layar bioskop. (Baca: Menko Perekonomian: Hasil Revisi DNI Tinggal Tunggu Persetujuan Sidang Kabinet).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.