Kinerja Turun, Produsen Pesawat Bombardier PHK 7.000 Karyawan

Kompas.com - 18/02/2016, 15:52 WIB
|
EditorM Fajar Marta
OTTAWA, KOMPAS.com - Perusahaan manufaktur pesawat asal Kanada, Bombardier menyatakan bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 7.000 karyawan dalam 2 tahun mendatang.

Alasannya, Bombardier kesulitan mendapatkan pembeli dan mengalami persaingan langsung dengan raksasa penerbangan seperti Boeing dan Airbus.

Setelah kering penjualan, Bombardier menyatakan maskapai Air Canada berminat membeli 45 unit pesawat seri CSeries terbaru dan direncanakan akan membeli lagi sebanyak 30 unit.

Total nilai pembelian 75 pesawat itu mencapai 6,4 miliar dollar AS.

Bombardier menargetkan mulai mengirim pesawat dalam 3 tahun mendatang.

Meski penjualan pesawat kepada Air Canada dapat membantu peningkatan penjualan tipe CSeries, namun penjualan pesawat Bombardier secara keseluruhan masih rendah.

CEO Bombardier Alain Bellemare Kamis (18/2/2016) juga menjelaskan penurunan laba perusahaan menjadi hanya 15 miliar dollar AS pada tahun 2015, setelah sebelumnya mencapai 20 miliar dollar AS pada tahun 2014.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.