Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Belum Izinkan Garuda Indonesia Terbang dari Pondok Cabe

Kompas.com - 24/02/2016, 12:18 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembahasan pemanfaatan Bandara Pondok Cabe untuk penerbangan komersil masih alot.

Hingga saat ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum memberikan izin. Padahal, Menteri BUMN Rini Soemarno ingin memanfaatkan bandara yang berada di Tangerang Selatan itu untuk penerbangan Garuda Indonesia mulai bulan depan, Maret 2016.

"Keselamatan penerbangan nomor satu. Tadi saya sampaikan tidak boleh dipaksakan, tidak boleh didiplomasikan, harus safety dan secure," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo di Kantor Kemenhub, Rabu (24/2/2016).

Berdasarkan kajian Kemenhub, ruang udara Bandara Pondok Cabe bersinggungan dengan ruang udara Bandara Halim Perdanakusuma.

Oleh karena itu, ada opsi pengelolaan bandara Pondok Cabe diserahkan kepada Angkasa Pura II yang juga pengelola Bandara Halim Perdanakusuma. Dengan demikian kontrol dua bandara itu bisa lebih mudah.

Namun, Kemenhub tetap ingin ada jaminan pengoperasian kedua bandara tersebut harus memenuhi aspek keselamatan.

"Kalau safe silakan. Kalau ragu-ragu, jangan," kata Suprasetyo.

Saat ini kata dia, Pelita Air Services sebagai pengelola Bandara Pondok Cabe, masih membahas persoalan itu dengan Angkasa Pura II dan TNI AU sebagai pemilik Bandara Halim Perdanakusuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com